Travel Umroh Haji Plus Khazzanah Tour Jakarta: Urutan kegiatan pelaksanaan ibadah haji

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Urutan kegiatan pelaksanaan ibadah haji

ibadah haji

Dalam melaksankan kegiatan ibadah haji itu ada tata cara aturan yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh setiap jamaah haji,baik itu jamaah haji plus maupun haji reguler.Salah satu tatacara cara yang harus diperhatikan dan dilaksankan oleh setiap jamaah haji adalah urutan kegiatan pelaksanaan ibadah haji dari A sampai Z atau dari awal pertama kali menginjakkan kaki di tanah suci sampai dengan kembali ke tanah air nantinya.

Berikut ini adalah kegiatan utama dalam melaksankan ibadah haji :

  • Sebelum tanggal 8 dzulhijjah. Umat islam dari seluruh dunia mulai berbondong bondong untuk melaksankan  haji dalam hal ini thawaf haji di Masjidil Haram, Mekkah.
  • Tanggal 8 Dzulhijjah. jamaah haji bermalam di Mina.Pada pagi tanggal 8 Dzulhijjah semua ummat Islam di seluruh dunia memakai pakaian ihram ( dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji). kemudian melaksanakan niat haji dan membaca bacaan talbiyah.Jamaah kemudian menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di mina
  • Tanggal 9 Dzulhijjah, Pagi harinya semua jamaah haji pergi ke Arafah untuk selanjuya melaksanakan ibadah wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga maghrib tiba.Ketika malam sudah tiba, seluruh jamaah haji segera menuju dan rmalam di ( mabit ) di Muzdalifah.
  • 10 Dzulhijjah, setelah pagi di Muzdalifah,jamaah segera menuju mina untuk melaksankan jumrah Aqobah, yaitu melempar batu krikil sebanyak 7 kali ke tugu pertama sebagai simbolisasi dalam mengusir syaitan. Setelah mencukur rambut atau sebagian rambut, jamaah bisa melaksanan tawaf haji ( menyelesaikan haji ), atau bermaam di Mina untuk selanjutnya melaksankan Jumroh selanjitnya, yatu jumroh ula dan wustho.
  • 11 Dzulhijjah, melempar jumroh sambungan ( ula ) di tugu pertama, tugu kedua dan tugu ketiga.
  •  Sebelum pulang ke negara masing-masing,  jamaah melaksankan thawaf wada' ( thawaf perpisahan )
Demikian urutan kegiatan pelaksanaan ibadah haji, semoga urutan ini bisa menjadi acuan para jamaah dalam melaksankan ibadah haji, terutama pada kegiatan utama pelaksanaan ibadah haji tersebut.
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free
Back To Top